Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Selasa, 06 Januari 2015

"Perbedaan Komet & Meteor"


Bagi orang awam masih belum tahu membedakan antara mana penampakan komet dan mana penampakan meteor. Sejatinya kedua objek itu berbeda satu sama lain. Berikut penjelasan perbedaan kedua objek langit tersebut :

1.) KOMET
- Komet adalah objek langit yang diyakini terutama terdiri dari debu ruang angkasa dan gas beku.
- Lokasi komet berada jauh dari tata surya kita, tepatnya komet berasal dari awan oort.
- Komet memiliki orbit sendiri, dan mengorbit sebuah matahari/bintang jika masuk kedalam gravitasinya biasanya orbitnya lonjong.
- Ketika komet dekat sebuah bintang/matahari ekor komet memanjang karena reaksi panas yang ditimbulkan.
- Penampakan komet jika diamati dari bumi terliat seperti bintang berekor panjang dan terlihatnya lama dan diam meskipun komet tersebut sejatinya bergerak menuju matahari.

2.) METEOR- Meteor itu merupakan batuan luar angkasa yang masuk ke atmosfer bumi dan terbakar habis dilangit karena gaya gesek yang ditimbulkan lapisan atmosfer.
- Meteor berasal dari batuan luar angkasa yang disebut "Meteorid" atau juga batuan asteroid antara orbit mars-jupiter yang masuk ke atmosfir bumi.
- Meteorid/ batuan luar angkasa tidak memiliki orbit sendiri jadi kebanyakan batuan luar angkasa melayang-layang dan bisa menumbuk planet-planet manapun yang ditabrakannya jika berpapasan.
- Penampakan Meteor terlihat sekilas saja tidak lebih dari 1-3 detik karena kebanyakan hancur di atmosfir dengan cepat.
- Meteor bisa menghasilkan cahaya terang berwarna & panjang yang sering kita sebut dengan "fireball"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar