Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Rabu, 06 Januari 2016

Cara Aman Menyaksikan Gerhana Matahari


Peristiwa gerhana matahari adalah peristiwa langka dan menarik banyak perhatian masyarakat untuk menyaksikannya, banyak diantara mereka melakukan kesalahan dalam pengamatan gerhana matahari ini karena tidak sesuai dengan keamanannya yang bisa mengakibatkan kerusakan mata sementara dan bisa lebih dari itu jika parah bisa mengakibatkan kebutaan.
Berikut beberapa cara aman menyaksikan gerhana matahari diantaranya:

1. Kacamata Khusus Gerhana Matahari

 Kacamata gerhana matahari ini telah dirancang khusus untuk pengamatan gerhana matahari, karena kandungan filternya telah disesuaikan & aman untuk pengamatan matahari. Jadi mengamati gerhana pakai cara ini merupakan yang paling aman & praktis. Kacamata ini biasanya akan banyak dijual menjelang gerhana matahari terjadi atau bisa memesan ke toko astronomi harga berkisaran antara 15.000 - 35.000 rupiah untuk satu kacamata gerhana matahari. Dilarang bagi kalian yang mencoba-coba pakai filter pada negatif film, floppy disk, atau kepingan CD-ROM dalam pengamatan gerhana matahari. Meskipun cahaya matahari bisa redup namun sinar Inframerah, UV dari matahari dapat menembus media ini, dikarenakan sinar tersembunyi dari matahari ini berbahaya untuk mata kita juga.

2. Kacamata Las No.14

Kacamata las nomor 14 adalah cara kedua yang paling aman untuk pengamatan gerhana matahari, karena kacamata ini sangat gelap sekali cocok serta aman digunakan untuk pengamatan gerhana matahari, karena silau dari matahari dapat terkurangi dengan menggunakan kacamata las nomor 14 ini.

3. Kamera Lubang Jarum

Metode ini merupakan metode pengamatan gerhana matahari tanpa melihat langsung kearah matahari, yaitu hanya melihat melalui proyeksi cahaya yang menembus lubang kecil saja. Cara ini mudah dilakukan dengan cara melubangi secarik kertas paling nggak yang tebal bisa kardus, karton, dll. Lubangi saja kecil kecil jangan terlalu besar kalau sudah proyeksikan ke cahaya matahari saat gerhana terjadi dan lihatlah bayang-bayang proyeksi gerhananya.
Berikut cara lain metode kamera lubang jarum yang bisa kita jadikan alat pengamatan dari bahan-bahan/media yang mudah didapatkan seperti bayang-bayang pohon, lubang biskuit, peralatan dapur, bahkan tangan kitapun bisa dijadikan proyeksi kamera lubang jarum.


4. Live Streaming di Televisi/Web Astronomi


Kalau kalian ribet dengan alat-alat diatas kamu bisa menyaksikan gerhana matahari melalui live streaming di televisi atau web astronomi. Tenang saja pasti ada menyiarkan langsung secara live gerhana matahari saat terjadinya peristiwa tersebut atau bisa kunjungi web live streaming di: LIVE SLOOH. Pengamatan ini jauh lebih aman daripada mencoba-coba alat yang kurang aman untuk pengamatan gerhana matahari cukup melihat siaran gerhana matahari saja di televisi atau web streaming.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar