Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Rabu, 06 Januari 2016

Momen Menyaksikan Gerhana Matahari Secara Kasat Mata


Fenomena gerhana matahari memang tidak boleh diamati secara langsung atau dengan mata telanjang, namun ada momen-momen yang dimana kita boleh menyaksikan gerhana matahari secara langsung. Tapi ingat yaa yang namanya momen nggak lama tapi sebentar sajaa!!. Berikut momen-momen tepat diantaranya:

1. Saat Puncak Gerhana Matahari Fase Totalitas
Pada fase ini kita diperbolehkan melihat secara langsung dengan mata telanjang karena cahaya matahari tertutup semuanya. Dimana pada momen ini kita bisa melihat korona dari matahari bintang-bintang bertaburan di siang hari, tapi ingat jangan lama-lama karena fase totalitas hanya sebentar antara 1-6 menitan. Maka dari itu cari tahu daerah kalian yang dilintasi garis totalitas gerhana matahari berlangsung berapa menit, untuk dijadikan patokan mengira-mengira untuk melihat secara langsung.

2. Gerhana Matahari Ditutupi Awan Mendung
Awan mendung sering menjadi penghalang dalam pengamatan langit malam, namun tidak untuk gerhana matahari dimana awan mendung asal tidak terlalu tebal ketika melintasi matahari saat gerhana bisa dijadikan filter alami dimana kita bisa melihat langsung dengan mata telanjang keindahannya karena silau daripada matahari akan berkurang, namun perlu diingat awan juga bergerak jadi lebih berhati-hati aja. Jadi tak perlu khawatir ketika gerhana matahari langit anda mendung asal tidak tebal metode ini bisa membantu.

3. Gerhana Matahari Saat Sunrise & Sunset
Ketika gerhana matahari terjadi saat sunrise & sunset boleh bagi kita melihat secara langsung tanpa alat karena pada fase tersebut cahaya matahari masih lemah dan tidak menyilaukan bagi mata kita, namun tetap perlu berhati-hati yaa pastikan melihatnya pada momen yang tepat ketika cahaya matahari melemah saja.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar